Jalannya Acara Latihan Kepemimpinan Perusahaan

0 komentar
Acara Latihan Kepemimpinan Perusahaan tahun 2012 yang disebut-sebut sebagai acara pelatihan pertama di KMMI APP akhirnya selesai. Acara ini dibuka pada hari Sabtu (05/05/2012) oleh ketua Umum LEM, Muhamad Fauzi.

LKP hari pertama (05/05/2012)

LKP hari pertama, seperti kebiasaan orang Indonesia adalah ngaret dan panita terlihat kurang siap dalam menangani acara ini. Acara yang semula dijadwalkan dimulai pada pukul 08:00 nyatanya molor hingga pukul 09:00 karena peserta belum banyak yang hadir. Kemudian setelah dibuka dan diisi oleh beberapa sambutan, peserta harus menunggu pak Rio Harcan yang datang terlambat. Tapi semua itu terbayar lunas oleh ilmu dan pengetahuan yang beliau berikan kepada peserta LKP 2012. Pak Rio Harcan membawa dua buah materi yaitu Studi Kelayakan Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen dalam pendekatan praktis. Peserta dibuka wawasannya tentang memulai dan mengelola sebuah bisnis baru. Ia juga berbagi pengalaman berharga yang ia miliki kepada peserta LKP untuk memotivasi mereka. “jangan men-down grade kemampuan anda!” Itu yang selalu pak Rio ucapkan.

Sistem informasi manajemen. Sebagian peserta ada yang sudah mendapatkan materi ini di dalam ruang kuliah. Namun pada kali ini pak Rio menjabarkan sebuah sistem informasi yang ternyata begitu luas dan tidak didapatkan di dalam ruang perkuliahan. Istilah-istilah umum yang lazim digunakan dalam sistem informasi ternyata banyak peserta yang tidak memahaminya. Sebut saja apa itu multi tasking, multi threading, cloud computing, dll.  Ia juga menjelaskan bagaimana trend sistem informasi saat ini dan kemampuan di bidang IT apa saja yang dubutuhkan dalam dunia industri. Pak Rio juga menunjukan sebuah software yang dapat digunakan dalam jurusan keuangan, seperti software untuk menghitung cashflow dan lain sebagainya termasuk cara mendapatkan software tersebut dari situs-situs internet. Pernahkah anda memesan buku dari internet? Atau memesan kamar hotel di luar negeri? Jangan anggap sepele pekerjaan tersebut karena belum tentu kita bisa dan berani melakukannya. Dalam LKP dilakukan simulasi melakukan transaksi lewat dunia maya. Sangat berguna, istilahnya jangan sampai seorang manajer gaptek.

Setelah isoma, materi dilanjutkan ole bang Teddy Ruchiat dalam Teknik Lobi dan Negosiasi. Diskusi juga berjalan interaktif namun tidak ada simulasi kali ini. Bang Teddy yang merupakan Mantan Ketua Senat Marketing dan Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa ini memberikan materi sekaligus pengalamannya selama kuliah hingga bekerja dalam kaitannya dengan lobi dan negosiasi. Ia juga menjelaskan bagaimana trik-trik dalam negosiasi agar kita bisa menang walaupun kita sebenarnya tidak menguasai permasalahan yang sedang terjadi.


LKP Hari kedua (06/05/2012)
Sempat terjadi hambatan terkait perizinan acara. Kabarnya, mahasiswa tidak diperkenankan mengadakan acara pada hari minggu oleh salah satu pudir APP. menyebabkan pemateri (Pak Gede Umbara) yang sudah sampai di kampus APP memutuskan untuk pulang melihat ketidakjelasan kelangsungan acara.

Setelah melakukan negosiasi via telepon akhirnya panitia diizinkan untuk melanjutkan acara LKP ini dan pak Gede yang sudah meninggalkan kampus bersedia untuk kembali ke kampus dan membagi ilmunya kepada peserta.

Pak Gede Umbara mengisi materi Manajemen Waktu. Disertai dengan diskusi interaktif, Ia tentunya menjelaskan bagaimana mengatur waktu dan menata diri demi kehidupan masa depan yang lebih baik. Ia juga memberikan renungan dan motivasi dalam pengendalian diri. Salah satu kalimat yang menjadi cambukan bagi kita: “keluh kesah adalah sampah.”

Selanjutnya materi dibawakan oleh bang Arie Primadasa dalam Kerjasama Tim. Tahukah anda apa perbedaan antara kelompok dengan tim? Tanyakan pada peserta LKP, mereka akan menjabarkan secara gamblang. Bagaimana menjalin kerjasama antar anggota dalam sebuah tim agar manjadi tim yang solid juga dijabarkan dalam materi ini. Sebuah bentuk simulasi dilakukan untuk penyampaian materi ini, peserta dibagi dalam beberapa tim.



Materi terakhir adalah Bussiness Games. Anda kenal dengan Andy Setyawan? Bukan. Ia bukan lulusan/dosen APP. ia adalah pemenang concept project sosioentrepreneur dan pemilik "LEDES" Lele Cerdas ekslusif, produk makanan berbasis riset. Ia menyajikan kisah perjuangan seorang Top Ittipad, Milyarder muda dari Thailand dan permainan penuh makna jika kita kaitkan dalam dunia bisnis.
 

 
 
Meskipun pada hari pertama panitia terlihat kurang siap, dan pada hari kedua terjadi suatu hambatan namun kendala tersebut dapat diatasi dan acara dapat berjalan dengan baik. Semoga penyelenggaraan LKP tahun depan lebih baik dari tahun ini.


Posting Komentar