Bidang I Pendidikan dan Kaderisasi

2 komentar
Dalam menjalankan tugasnya, Bidang I Pendidikan dan Kaderisasi dibagi menjadi dua departemen, yaitu Departemen Pendidikan dan Departemen Pembinaan Anggota. Masing-masing departemen mempunyai program kerja yang telah dipaparkan dalam sidang pleno musyawarah kerja.

Departemen Pendidikan
1.       Study Club
Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan karena pendidikan pendidikan mempunyai pengaruh besar dalam segala hal yang ada dalam keseharian kita. Tanpa pendidikan kita akan kesulitan kita akan kesulitan dalam melakukan berbagai hal.

Untuk mendapatkan pengetahuan dan pendidikan dibutuhkan suatu proses pembelajaran dan supaya mendapatkan pengetahuan yang lebih luas secara mendalam dan dalam rangka menghadapi ujian tertulis dari akademi, maka yang diusahakan adalah dengan membentuk suatu kegiatan belajar kelompok yang dipandu oleh seorang pemateri yang dinamakan Study Club. “Study Club sebagai wadah pembinaan dan pengembangan pembelajaran dalam kampus” mempunyai tujuan untuk:
  1. Mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi ujian
  2. Memberikan pemantapan belajar
  3. Sebagai sarana pembelajaran mahasiswa
  4. Membentuk kelompok mahasiswa yang gemar belajar
  5. Terbentuknya cara belajar dan kelompok belajar yang terstruktur

2.       Quisioner Dosen
Program kerja lainnya yang disajikan oleh departemen pendidikan adalah Quisioner Dosen yang berguna untuk menampung aspirasi para civitas akademika khususnya mahasiswa APP karena kami berpikir kritik dan saran itulah yang akan dapat membuat pendidikan di APP semakin baik. Program kerja ini berguna untuk memberikan sebuah penilaian terhadap sistem pendidikan di APP, hal ini berdasarkan kacamata mahasiswa karena mereka selaku objek dalam sebuah pendidikan. Semoga pendidikan di APP lebih baik lagi di kemudin hari.

Departemen Pembinaan Anggota
1.       Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM)
Program kerja yang pertama dari Departemen Pembinaan Anggota adalah Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) yang bertujuan:
  1. Membentuk kader yang berkualitas, beintelektual, dan bermoral
  2. Membentuk mahasiswa yang mempunyai loyalitas tinggi terhadap KMMI APP
  3. Membentuk kader yang siap sebagai generasi penerus dan mampu mengadakan perubahan dan perbaikan kea rah kondisi yang lebih baik di dalam tubuh KMMI APP
  4. Membangun rasa persaudaraan yang kuat di dalam keluarga besar KMMI APP.

 FOPMA yang merupakan tahap awal memasuki perguruan tinggi dalam mengenal KMMI APP dirasakan cukup baik namun hal itu dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam pengaderan demi kemajuan KMMI APP.

Beranjak dari kenyataan tersebut maka dipandang perlu adanya suatu penyempurnaan dalam modal maupun visi dan misi oleh lembaga intra dalam menciptakan suatu sistem traning yang lebih efisien dan efektif. Jika target tersebut terpenuhi, maka hal ini bisa dianggap sebagai titik tolak peningkatan mutu dan perluasan jangkauan aspirasi mahasiswa sehingga menciptakan lingkungan regenerasi kepemimpinan APP yang lebih baik dari sebelumnya.

2.       Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKP)
Tantangan ke depan memberikan mandat kepada kita untuk menjadikan diri paripurna dalam bidang ilmu yang dipelajari. Realitas yang ada memberikan bukti bahwa penguasaan kemampuan teknis tidak bersifat parsial, karena pada iklim dunia kerja terjadi lalu lintas ilmu dimana saling memengaruhi satu sama lain dalam aplikasinya.

Sadar akan hal ini maka muncullah pemikiran untuk menciptakan suatu media yang mampu menjembatani tantangan tersebut. Untuk itulah kelembagaan intra KMMI APP perlu membuat sebuah pelatihan kepemimpinan dalam perusahaan yang dibari nama Latihan Pepemimpinan Perusahaan (LKP) sebagai bukti nyata kepedulian lembaga intra KMMI APP dalam menciptakan lulusan yang berkualitas.

Susunan Kepengurusan Bidang Pendidikan dan Kaderisasi
Ketua                                                                            : Rudi Saputro Sudiono
Sekretaris                                                                     : Fitri Nadira
Departemen Pendidikan
Ketua                                                                            : Dimas Setiadi
Staff                                                                              : Rizka Rahmawati
Departemen Pembinaan Anggota
Ketua                                                                            : M. Rifal Febrian
Staff                                                                              : Ranggi Nugraha


2 komentar:

  1. Sekedar saran, study club belum mencukup menghasilkan lulusan APP berkualitas, pernah enggak LEM melakukan kajian akademis parameter berkualitas di setiap jurusan itu apa? apakah kompetensi dari buku biru pedoman mahasiswa yang enggak jelas rujukannya?, pernah enggak membandingkan kurikulum berbasis kompetensi itu yang bagus kayak apa? APP dibandingkan dengan BSI dan LP31 aja mungkin ketinggalan jauh kurikulumnya. Ada gak upaya LEM mengarahkan senat, sebagai sub ordinasi organisasi dibawahnya agar punya konsistensi dan akselerasi semangat menghasilkan progja yang mendorong pembentukan kompetensi per jurusan, sehingga uang SA gak mubazir. PR anda banyak loh, kita kehilangan suri tauladan, contoh, parameter yang lebih terukur dan sistemtis. Kasihan para lulusan APP, kita sebagai alat kontrol sosial bagi Pejabat Akademis APP masih kurang cerdas mengkritisi kurikulum berbasis kompetensi APP per masing-masing jurusan. Saya dukung study club, walaupun sedih belajarnya kayak anak seribu pulau didepan aula :) hehehe. Kelasnya dibangun megah kok ya ngampar kayak orang mau arisan. Just kidding ya.

    Semoga bermanfaat
    Rio Harcan
    Dosen APP
    Alumni Financial Angkatan 94

    BalasHapus
  2. @cancan: wah senang sekali bapak mau komen disini pak.. :) saran bapak akan kami sampaikan dalam rapat pengurus LEM pak.. sebuah cambukan bagi LEM untuk bekerja lebih baik.

    BalasHapus