Bidang III Sosial dan Politik

1 komentar
Dalam menjalankan tugasnya, Bidang III Sosial dan Politik dibagi menjadi dua departemen, yaitu Departemen Sosial dan Departemen Advokasi dan Kajian Strategis. Namun untuk saat ini hanya Departemen Advokasi dan Kajian Strategis yanag telah memaparkan program kerjanya dalam sidang pleno musyawarah kerja karena Departemen Sosial baru akan melaksanakan program kerjanya setelah konferensi.

Departemen Advokasi dan Kajian Strategis
1.       Budayakan diskusi
Keluarga Mahasiswa Manajemen Iindustri (KMMI) memiliki posisi strategis dalam proses peningkatan kualitas mahasiswa APP. sebagai laboratorium mahasiswa, KMMI adalah wadah pengaderan yang baik untuk membentuk kader KMMI yang mampu membangun dirinya serta secara bersama bertanggung jawab atas terciptanya masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Guna mencapai tujuan tersebut, Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) sebagai institusi tertinggi taraf operasional di tubuh KMMI harus mempunyai pemandu kader yang berkualitas. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan melestarikan budaya diskusi di internal KMMI sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas para pengurus dari segi wawasan keilmuan.

Oleh karena itu Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) Bidang sosial dan politik menyelenggarakan kegiatan diskusi rutin sebagai media tukar pikiran, pengajian dinamika KMMI, serta dalam upaya untuk meningkatkan wawasan para pengurus atau fungsionaris KMMI untuk menciptakan kader yang lebih berkualitas dari sebelumnya.

2.       Forum diskusi
Lembaga mahasiswa memiliki peran penting dalam proses pengembangan mahasiswa. Sebagai wadah ilmiah, lembaga mahasiswa merupakan tempat yang tepat untuk mengakomodir segala kebutuhan serta pemikiran mahasiswa sebagai masyarakat intelektual yang sedang menapaki  jenjang pendidikan tertinggi.

Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) yang merupakan badan tertinggi taraf operasional di tubuh KMMI harus berusaha mewujudkan tujuan diatas. Kegiatan konkretnya ialah dengan mengaji lebih mendalam dan sistematis seriap permasalahan atau dinamika kampus yang berkembang dan memberikan kesimpulan serta mencari solusi terbaik.

Oleh karena itu LEM Bidang Sosial Politik menyelenggarakan diskusi sebagai media tukar pikiran, pengajian dinamika KMMI serta dalam upaya untuk menciptakan iklim ilmiah yang kondusif di kampus KMMI. Dengan tujuan antara lain menciptakan iklim yang kondusif di kampus APP serta menumbuhkan kesadaran untuk peka terhadap berbagai keadaan yang terjadi baik di lingkungan maupun lebih luas lagi. Diharapkan peran aktif mahasiswa APP dalam forum diskusi ini agar tujuan tersebut dapat tercapai.


3.       Sinergi KMMI Dalam Aliansi BEM SI
Mahasiswa senantiasa menjadi motor penggerak perubahan. Keinginan yang kuat dalam menyongsong masa depan dan keterbukaannya melihat beragam sisi kehidupan, mendorong mahasiswa bangkit dari keterpurukan. Dengan kombinasi luar biasa yang dimilikinya, mahasiswa mampu tampil di depan dengan memegang kendali peradaban.

Namun pada kenyataannya pergerakan mahasiswa saat ini terpecah bahkan telah ditunggangi untuk kepentingan suatu golongan. Maka dari itu sudah menjadi sebuah keharusan Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) sebagai lembaga yang masih peduli terhadap nasib bangsanya untuk bersinergi atau bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa se-Indonesia (BEM SI). Dengan pertimbangan subjektif bahwa BEM SI adalah aliansi pergerakan mahasiswa yang masih kondusif. Hal ini bertujuan untuk menjalankan fungsi politik mahasiswa sebagai pengontrol kebijakan serta kinerja pemerintah sehingga terwujud pergerakan mahasiswa yang terbebas dari kepentingan partai politik. “Pergerakan Mahasiswa untuk Masa Depan Bangsa Yang Bermartabat.”

Susunan Kepengurusan Bidang Sosial Dan Politik            
Ketua                    : Sigit Eko Purnomo
Sekretaris             : Lisa Khairunnisa
Departemen Sosial
Ketua                    : Rizky Fadilah
Staff                      : Renita Dwi Handayani
Departemen Advokasi & Kajian Strategis
Ketua                    : Adhi Fikri Imanuddin
Staff                      : Shintya Puspita Sari


1 komentar: