Program kerja LEM setelah konferensi

0 komentar
Program kerja lembaga eksekutif mahasiswa 2011/2012 setalah konferensi cukup banyak. Program kerja tersebut telah dibawa ke dalam sidang paripurna musyawah kerja beberapa waktu yang lalu. Program-progra kerja LEM tersebut antara lain:

Bidang I Pendidikan dan Kaderisasi

Bidang P&K tahun ini menyajikan dua buah program kerja yang ‘baru’ meski tidak sepenuhnya dikatakan baru. Program kerja tersebut adalah Latihan Pemandu Kader dan Latihan Kepemimpinan Perusahaan. Mengapa demikian? Dua jenis pelatihan tersebut memang sudah diatur dalam hasil-hasil konferensi tahun 1999 namun hingga saat ini, latihan-latihan tersebut tidah pernah dilaksanakan dan pada tahun ini bidang P&K LEM 2011/2012 mencoba merancang kedua jenis pelatihan tersebut dengan berpedoman pada hasil-hasil konferensi tahun 2012 (konferensi VI). Sebuah tantangan berat bagi bidang 1 untuk menyelenggarakan pelatihan ini. Apa sebenarnya LPK dan LKP itu?

Latihan Pemandu Kader (LPK)
LPK merupakan forum untuk menyiapkan Pemandu Kader yang dapat membantu pelaksanaan proses kaderisasi KMMI-APP demi tercapainya tujuan organisasi. Melalui forum ini diharapkan dapat tercipta Pemandu Kader yang handal dalam penyelenggaraan program-program kaderisasi KMMI-APP.
Sederhananya, LPK ini merupakan forum pelatihan untuk mencetak mahasiswa APP yang siap untuk terjun menjadi Stering Committee atau Master of Training untuk membantu adik-adiknya menyelenggarakan program kerja.

Latihan Kepemimpinan Perusahaan (LKP)
LKP bertujuan Membekali lulusan APP dalam hal penguasaan teknis tentang manajemen yang secara praktis dapat diaplikasikan dalam dunia usaha dan juga merupakan kontribusi nyata dari kelembagaan intra KMMI-APP dalam peningkatan mutu lulusan APP sebagai wujud kepedulian akan dunia pendidikan.


Bidang II Kesejahteraan Mahasiswa

Beasiswa
Pada periode 2011-2012 ini Bidang II Kesejahteraan Mahasiswa Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) akan mengadakan program Beasiswa yang mana program ini dapat meringankan biaya kuliah dan memacu daya saing dalam meningkatkan mutu  pendidikan. Kegiatan yang diberi nama REWARD MONEY LEM APP 2011/2012 ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian Bidang II terhadap mahasiswa/mahasiswi KMMI APP.
Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa/mahasiswi APP yang kurang mampu namun berprestasi dan/atau berorganisasi. 


Bidang III Sosial Politik.

Student Social Responsibility
Adanya kegiatan ini, Bidang Sosial-Politik mengharapkan dapat memberikan wadah bagi kader KMMI APP yang masih memiliki jiwa sosial. Kegiatan ini bertujuan Menambah pengetahuan kader KMMI tentang dunia ekonomi bertujuan untuk menerapkan tujuan akhir  Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan yang akan digelar dalam event ini antara lain:
  • Seminar Ekonomi
  • Pengobatan Gratis
  • KhitananMasal
  • Donor Darah
  • Bazaar Buku

Lingkar Study Manajemen
Dewasa ini mahasiswa terlihat mengalami disorientasi tujuan. Kehidupan mahasiswa diwarnai oleh budaya hedonis, apatis, atau bahkan anarkis tinggi dan parahnya saat ini banyak mahasiswa yang tidak mempunyai idealisme sebagai mahasiswa. Salah satu cara yang dilakukan oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa untuk mengurangi kesan-kesan apatis dan hedonisme adalah dengan membuat sebuah wadah. Wadah inilah yang kemudian menjadi media kerjasama dengan pihak-pihak yang sama-sama memiliki dasar pendidikan yang sama yaitu ilmu manajemen. Secara tidak langsung, mahasiswa APP akan terbangun nilai-nilai semangat dan nilai kritisnya terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia Manajemen.
Kegiatan yang salah satu tujuannya adalah Menjalin hubungan dengan mahasiswa kampus lain adalah diskusi dua arah, presentasi, study kasus, kunjungan perusahaan, dan ceramah.



Bidang IV Seni dan olahraga

Setelah beberapa lama bidang IV vakum dari kesibukan program kerja, kali ini bidang IV hadir membawa sebuah rancangan event besar yang diberi nama Pekan Olahraga Dan Seni Mahasiswa  (PORSMA). Program kerja yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa serta mengembangkan kemampuan atau potensi dalam bakat dan keahlian di bidang seni dan olahraga ini dilaksanakan selama satu pekan dengan kegiatan yang ditawarkan:

Bidang Olahraga: Badminton, Basket, Tenis Meja, Catur, dan Jalan Santai
Bidang Seni: Nyanyi Solo, Akustik, Puisi, Fotografer dan kemudian APP Show.
Apa itu APP show?
APP Show merupakan acara seni yang memberikan keleluasaan mahasiswa APP untuk BEBAS mengeksplorasi kreatifitasnya di bidang seni diluar opsi diatas. Menarik bukan?
Bidang IV LEM juga menyiapkan sebuah kejutan kecil bagi mahasiswa APP. Apa itu? Silakan buka spoiler dibawah ini.

MASIH DI RAHASIAKAN. Nantikan ya kawan-kawan!!! pasti akan jadi kejutan. hehehe..

Demikianlah program-program kerja Lembaga Eksekutif Mahasiswa KMMI APP 2011/2012. Besar ekspektasi kami untuk partisipasi warga KMMI untuk menyukseskan acara-acara diatas.


HIDUP MAHASISWA!!!



Posting Komentar