LEM 2012/13 Bidang Kominfo Dihapuskan

0 komentar


Mari kita sedikit mengulas sejarah. Saat kita mendengar bidang VI LEM, maka yang langsung terlintas dalam benak kita adalah bidang INFOKOM (Informasi dan Komunikasi). Sudah beberapa periode sampai periode 2010-2011 ketua umum LEM menempatkan bidang INFOKOM pada formasi kepengurusannya. Pada periode 2011-2012, ketua umum LEM pada saat itu, Muhamad Fauzi mengubah nama bidang INFOKOM menjadi bidang KOMINFO (Komunikasi dan Informasi). Perubahan nama ini bukan suatu hal yang mudah diterima oleh mahasiswa. Nama INFOKOM yag sudah melekat erat di benak mereka kini harus berubah menjadi bidang KOMINFO.  Program kerja bidang INFOKOM dengan bidang KOMINFO pada dasarnya tidak jauh berbeda. Anggota bidang KOMINFO melanjutkan program kerja rutin dari kepengurusan periode sebelumnya dengan beberapa penyesuaian dan perubahan pada hal-hal tertentu seperti mading, buletin mingguan, facebook, dan sms informasi.

Pada kepengurusan LEM 2011-2012, Blog LEM lahir. Dibawah tanggung jawab bidang KOMINFO khususnya Departemen Komunikasi pada saat itu, bidang KOMINFO menyajikan informasi terbaru seputar kampus dan informasi mengenai program kerja LEM yang akan dan yang telah dijalankan. Blog LEM dirasakan pengurus lainnya sangat bermanfaat sebagai media promosi program kerja mereka. Dengan lahirnya blog LEM maka interaksi LEM dengan mahasiswa melalui dunia maya semakin meningkat. Disinilah LEM mulai sedikit menerapkan sistem administrasi berbasis internet. Sebagai contoh jika seorang ingin berpartisipasi dalam event yang diadakan oleh LEM, setelah dilakukan publikasi melalui blog maka bidang KOMINFO akan menyediakan form pendaftaran online melalui dunia maya.

Susunan kepengurusan merupakan hak prerogative dari seorang ketua LEM. Menjajaki awal periode kepengursan LEM 2012-2013, sebuah keputusan yang cukup berani diambil oleh ketua LEM pada saat ini, Rudi Saputro Sudiono. Ia menghapuskan bidang KOMINFO dari formatur kepengurusannya. Bidang VI kini dikuasai oleh bidang Sosial Politik. Lalu siapa yang akan menangani masalah informasi?


Bertujuan untuk memutus birokrasi yang panjang, maka Rudi kini menempatkan orang-orang yang dianggap berkompeten untuk mengurus masalah informasi ke dalam jajaran BPH (Badan Pelaksana Harian). Mereka ditempatkan sebagai staff sekretaris umum bagian Komunikasi dan Informasi. Zulfahmi Khairul Umam dan Dafit Irawan adalah orang-orang dari KOMINFO LEM tahun lalu yang kembali dipercaya untuk memberikan kontribusinya dalam LEM tahun ini, kembali mengurus masalah Komunikasi dan Informasi yang terus berkembang.

Pada tahun ini, twitter @LEM_APP lahir dan blog LEM yang dibangun pada kepengurusan periode sebelumnya kini disulap menjadi sebuah website dengan domain [dot]com. Berupaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerja KOMINFO tahun lalu, mereka sedikit mengubah standar dan prosedur dalam penyebaran informasi dan mengkomunikasikannya kepada mahasiswa umum. Dengan menambah sedikit kreatifitas, semoga KOMINFO tahun ini yang berada pada jajaran BPH bisa meningkatkan kualitas informasi yang diberikan dan semakin menjadikan LEM lebih dekat kepada mahasiswa umum, seperti pemerintah yang dekat dengan rakyatnya. Aamiin. 


Posting Komentar