Latihan Pemandu Kader

0 komentar

Latihan Pemandu Kader merupakan program kerja Lembaga Eksekutif Mahasiswa yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. LPK ini bertujuan agar Terciptanya pemandu kader yang handal dalam penyelenggaraan program-program kaderisasi KMMI APP sehingga mempermudah pencapaian tujuan organisasi, selain itu untuk memberikan pemahaman perundang-undangan serta peraturan yang ada sehingga dapat menjalankan fungsinya dengan baik sesuai dengan AD dan ART KMMI APP. Dengan kata lain, Latihan Pemandu Kader ini adalah sebuah pelatihan untuk mencetak Steering Committee yang handal. Mereka akan bertindak sebagai konseptor acara dan mereka juga akan memonitori kinerja dari panitia pelaksana atau Organizing Committee.

Mengacu pada pedoman perkaderan hasil konferensi VI KMMI APP, dalam latihan pemandu kader ini akan diberikan beberapa materi antara lain:
Effective Meeting. Bertujuan untuk memberikan kompetensi kepada peserta untuk memahami definisi dan konsep rapat. Memahami karakteristik peserta rapat, mampu mengelola rapat dengan efektif, memastikan tujuan rapat tercapai dengan target waktu dan output yang relevan.
Project Management. Bertujuan untuk memberikan kompetensi kepada peserta untuk memahami definisi dan konsep pembuatan suatu project. Untuk mampu mengelola project sesuai dengan biaya, waktu, dan kualitas dengan sumber daya yang tepat.
Training Development & Evaluation Measurent. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta akan dapat mengevaluasi dan memprediksi hasil dari suatu kegiatan, sehingga mereka akan dapat mengantisipasi kekeliruan yang akan terjadi.

Pada awalnya latihan pemandu kader ini akan dilaksanakan pada kepengurusan LEM 2011/2012 namun karena persiapan baik teknis maupun konsep yang belum matang, maka setelah melalui pertimbangan dan berdiskusi dengan berbagai pihak maka diputuskan LPK ini diselenggarakan pada kepengurusan LEM 2012/2013 karena Steering Committee mengharapkan LPK benar-benar berhasil mencetak pemadu kader atau Steering Committee yang berkualitas.

Bertindak sebagai konseptor acara atau Steering Committee pada LPK ini adalah Hery Kurniawan, Imron Gusroni dan Regy. Lulusan LPK nantinya akan terjun langsung ke lapangan menerapkan ilmu yang telah mereka dapat dalam kegiatan perkaderan baik dari Lembaga Eksekutif maupun senat mahasiswa. Personal dari Organizing Committee sendiri juga adalah orang-orang yang telah cukup memiliki pengalaman dalam kepanitian di KMMI. Sebagian dari mereka adalah ex pengurus LEM 2011/2012 dan beberapa orang mahasiswa baru angkatan 2012 dari hasil open recruitment.

Panitia tidak membatasi jumlah kuota peserta yang ikut dalam acara yang akan diselenggarakan pada tanggal 12-14 Oktober 2012 ini. Seluruh mahasiswa angkatan 2010 dan 2011 yang telah memiliki kartu KMMI memiliki kesempatan untuk berpertisipasi dalam LPK dan mendapatkan ilmu yang tidak diperoleh di dalam perkuliahan. LPK ini gratis tanpa biaya pendaftaran. Segera daftarkan diri anda. Cukup mengisi formulir yang dapat diambil di ruang Lembaga Eksekutif Mahasiswa dan fotokopi kartu KMMI. Kalian juga bisa melakukan pendaftaran via online di: http://bit.ly/form_lpkInformasi lebih lanjut dapat menghubungi Rifal di 08567244058. (fk)


Posting Komentar