Study Club

1 komentar
Tema yang diusung dalam program kerja departemen pendidikan bidang pendidikan dan kaderisasi yaitu Study Club sebagai wadah pembinaan dan pengembangan pembelajaran dalam kampus dilaksanakan sebagai persiapan Ujian Tengah Semester bagi mahasiswa angkatan 2011. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 4, 8 dan 9 November 2011 di depan aula. Mata pelajaran yang diberikan adalah pengantar akuntansi dan matematika bisnis.

Mengapa memilih mata pelajaran itu?
Bidang I sepakat memilih dua mata pelajaran diatas sebenarnya hanya berdasarkan sharing, keluhan (curhat pribadi) adik kelas yang merasa sedikit kesulitan dengan dua mata pelajaran diatas dan LLM pun menyetujuinya.

Hari pertama (Jumat, 4 November 2011)
Mata kuliah yang diajarkan adalah akuntansi. Adik-adik dibagi menjadi dua kelompok belajar dan masing-masing kelompok dibimbing oleh Kiki Widevi dan Putri Ayu Ningtyas dari program studi Manajemen Keuangan semester III. 
Ternyata antusiasme mahasiswa 2011 tidak sebesar yang diharapkan, terlihat dari jumlah yang hadir pada hari itu hanya 10 orang. Padahal bidang I telah menyebarkan pemberitahuan melalui masing-masing BPT kelas dan menyiapkan beberapa orang sebagai tutor untuk kegiatan ini dan menyiapkan konsumsi (snack dan air mineral) untuk peserta.

Hari kedua (Selasa, 8 November 2011)
Mata kuliah yang diajarkan adalah matematika bisnis. Namun kali ini bukan di depan aula, tapi study club dipindahkan di ruang Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) karena cuaca yang kurang bersahabat yang kebetulan pada hari itu di ruang LEM sedang tidak ada rapat.
Wahyu Indra Setyarso dari program studi manajemen produksi semester III yang bertindak sebagai tutor. Walaupun bukan dari jurusan financial, namun ia terlihat cukup menguasai mata kuliah ini.
Namun lagi-lagi mahasiswa 2011 kurang antusias dengan kegiatan ini. Entah apa yang ada dalam pikiran mereka, study club hari kedua hanya dihadiri oleh 8 orang peserta. 


Hari Ketiga (Rabu, 9 November 2011)

Masih dengan matematika bisnis, namun kali ini jumlah peserta yang hadir mengalami penigkatan dari hari-hari sebelumnya. Tercatat 26 orang hadir pada hari itu. Wahyu dari program studi Manajemen Produksi masih dengan sabar mengajarkan adik-adik kelasnya. Bukan hanya wahyu, tak ketinggalan Imran Ahmad Shabah dari Manajemen Produksi semester III juga ikut membantu adik-adiknya memecahkan soal-soal ujian tahun lalu.

Apakah menjelang UAS akan diadakan kegiatan seperti ini lagi?
Kami (bidang I) belum bisa memastikan apakah kegiatan seperti ini akan dilaksanakan lagi menjelang UAS, namun kami mengharapkan belajar kelompok seperti ini jangan hanya mengunggu gerakan dari bidang I, tetapi kalian bisa membuat kelompok belajar sendiri yang terdiri dari beberapa orang teman untuk membahas soal-soal yang sulit diselesaikan atau masalah-masalah dalam pelajaran.

SEMANGAT UNTUK KITA SEMUA!!
HIDUP MAHASISWA!!


1 komentar:

  1. Kalo boleh saran, kegiatan study club yang bagus ini, harusnya di institusionalisasikan, supaya ada contoh bahwa jadi aktivis di lembaga itu atau aktif di ekskul sekalipun gak lantas IPK nya pas-pasan.

    Semoga bermanfaat.
    Rio Harcan
    Dosen APP
    Alumni Financial Angkatan 94

    BalasHapus